Uncategorized

“SUMPAH PEMUDA BUKAN JANJI PEMUDA”

Prof. IDRUS ALHAMID
SUARA MINOR CENDEKIA POROS INTIM__.

{Renungan Makna dibalik Sumpah }_

Tekad untuk bersatu dan mengesampingkan alasan-alasan kedaerahan, kesukuan, keturunan, keagamaan, dan golongan. Namun, persatuan itu tetap dalam kerangka saling menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada. Kesemuanya bersatu padu dan melebur dalam filosofi ikrar Sumpah Pemuda. Kongres Pemuda I yang dipimpin oleh “Mohammad Tabrani” ini adalah keinginan untuk mempersatukan dan membina berbagai kekuatan dalam setiap perkumpulan atau organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia dengan membentuk sebuah badan sentral__.

Sumpah adalah kalimat yg digunakan “Kaum Muda” untuk menegaskan Integritas NKRI tanpa ada sekat-sekat dalam pranata berbangsa dan bernegara dimanapun Engkau berada di bumi Nusantara. Hal ini, berbeda dengan “Janji” karena jika Pemuda berjanji pasti ada yg tidak di tepati,_ Sumpah merupakan manifestasi dari “Nilai Absolusitas” yg di Pertanggung Jawaban dunia hingga akhirat. Harus di sadari bahwa kongres Pemuda I tahun 1926, sebagai bahagian dari komitmen anak muda kala itu yg menyadari bangsa Indonesia sangat majemuk untuk itu “SUMPAH” adalah pilihan bukanlah janji tak selalu di penuhi_.

Masikah pemuda saat ini, merenungi nilai apa yg harus di gali dari Sumpah Pemuda tempo dulu….? Pernahkah pemuda saat ini merefleksikan butiran Sumpah Pemuda yg di tegaska tempo dulu…..? Apakah Pemuda saat ini tidak menyadari bahwa Nusantara/Indonesia Raya adalah “Zamrud Khatulistiwa” yg sedang di incar oleh “Kapitalis Borjuis Naga Genit” berjubah tebar pesona kaum inlader terpenjara___.

Waspadalaah___, wahai pemuda pemudi Zaman MEDSOS. Tegaknya sebuah bangsa dan negara dikarenakan pemuda, pemudi-nya Cerdas, Kuat dan berintegritas tinggi serta mampu membaca tanda-tanda Zaman. Jangan menari dengan Gendang Orang lain karena itu bukan jati diri “Bangsa Indonesia Raya” tanah Pusaka yg harus di jaga__.

Jayapura, 28, Oktober 2022
By, Si Hitam Manis Pelipur Lara di Timur Nusantara mengajak kita selalu menjaga sumpah setia NKRI semata___. 🇮🇩🇮🇩🇮🇩

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *